Kamis, 01 Desember 2016

Sejarah Windows



SEJARAH WINDOWS



I. Sekilas Tentang Windows
Windows adalah operating system yang dikembangkan oleh Microsoft. Windows bermula dari MS-DOS dan saat ini sudah tersedia Windows 10, versi terbaru Windows yang akan menggantikan Windows 7, 8, dan 8.1.

II. Versi Versi Windows
Microsoft dari awal berdirinya hingga kini telah merilis sekitar 9 versi Windows. Walaupun begitu, ada beberapa versi Windows minor, seperti beberapa update yang dirilis untuk Windows 10 untuk memperbaiki dan menjadikannya kebih baik. Berikut adalah versi-versi Windows secara garis besar.

1. Windows 1

Windows 1 dirilis pada bulan November 1985 dan merupakan usaha pertama Microsoft dalam menciptakan graphical user interface (GUI) 16-bit. Pengembangannya dipimpin oleh Bill Gates. OS ini sangat mengandalkan mouse, walaupun pada saat itu, mouse masih belum lazim digunakan. Agar para penggunanya terbiasa dengan menggunakan mouse, OS tersebut menyediakan beberapa permainan seperti Minesweeper dan Reversi.

2. Windows 2


Microsoft Windows 2 dirilis pada Desember 1987 untuk menggantikan Windows 1. Inovasi terbesarnya ialah kemampuan yang dimiliki window untuk “melompati” window lainnya dan dapat diminimize atau dimaximize. Control Panel, yang merupakan tempat terkumpulnya berbagai setting dan konfigurasi system diperkenalkan pada OS ini dan masih bertahan hingga hari ini. Microsoft Excel dan Word juga pertama kali muncul pada OS ini.

3. Windows 3



Diluncurkan pada tahun 1990, ini merupakan Windows pertama yang memerlukan hard drive. Windows 3 dianggap sebagai saingan Macintosh dan Commodore Amiga. Windows 3 memperkenalkan kemampuan manjalankan program-program MS-DOS dalam window dan mendukung 256 warna sehingga penampilannya modern dan warna-warni. Di sini juga diperkenalkan permainan Solitaire.

4. Windows 3.1



Windows 3.1, diluncurkan pada tahun 1992, memperkenalkan font tipe TrueType sehingga menjadi OS yang cocok untuk penerbitan. Minesweeper juga pertama kali diperkenalkan di OS ini. Windows 3.1 merupakan Windows pertama yang didistribusikan dalam bentuk CD-ROM.

5. Windows 95


Diluncurkan pada tahun 1995, Windows 95 memperkenalkan Start button dan Start menu untuk pertama kalinya. Windows 95 juga memperkenalkan konsep plug-and-play, di mana pengguna perlu menyambung sebuah peripheral dan OS akan mencari drive yang cocok dan membuatnya berfungsi, namun hal ini tidak selalu berhasil. Windows 95 juga memperkenalkan lingkungan 32-bit, taskbar, dan Internet Explorer.

6. Windows 98


Dirilis pada tahun 1998, Windows 98 memperkenalkan Internet Explorer 4, Outlook Express, Windows Address Book, Microsoft Chat, dan Netshow Player, yang digantikan oleh Windows Media Player 6.2 di edisi kedua Windows 98. Dukungan USB juga ditingkatkan sehingga penggunaannya meluas.

7. Windows ME


Windows ME (Millenium Edition) dirilis pada tahun 2000. OS ini memperkenalkan IE 5.5, Windows Media Player 7, dan Windows Movie Maker. Namun, OS ini memiliki reputasi buruk karena penuh dengan bug dan sering gagal dalam melakukan installing.

8. Windows 2000


Merupakan “kembaran” Windows ME yang diarahkan pada dunia bisnis, Windows 2000 memperkenalkan update otomatis dan dapat melakukan hibernation. OS ini dijadikan sebagai basis Windows XP.

9. Windows XP


Windows XP dirilis pada tahun 2001 dan terjadi perombakan pada Start menu dan taskbarnya. Windows XP merupakan OS Microsoft yang bertahan paling lama, didukung hingga April 2014. Masalah terbesarnya adalah dalam hal keamanan, karena Firewallnya dimatikan secara default. Hal ini membuat serangan-serangan hacker menjadi semakin gencar sehingga Bill Gates melancarkan kampanya Trustworthy Computing dan melakukan banyak update untuk memperkuat XP dalam menghadapi serangan-serangan cyber.

10. Windows Vista


Windows Vista dirilis pada tahun 2007. Vista memperbaharui tampilan Windows dan memfokuskan efek-efek transparan dan keamanan. Namun, Vista dipenuhi dengan bug dan berjalan dengan lambat pada komputer- komputer tua walaupun sudah dilabeli ”Vista Ready”. Vista memperkenalkan Media Player 11, IE 7, Windows Defender, Windows DVD Maker, dan Photo Gallery. Vista juga merupakan Windows pertama yang didistribusikan dalam bentuk DVD.

11. Windows 7


Dirilis pada tahun 2009, Windows 7 ditujukan untuk memperbaiki semua masalah dan kritikan yang dihadapi Vista. Windows 7 lebih cepat dan stabil sehingga pengguna lebih memilih untuk upgrade dari XP langsung ke Windows 7.

12. Windows 8


Dirilis pada tahun 2012, Windows 8 melakukan perombakan radikal pada tampilan Start menu sehingga lebih mudah bagi alat-alat dengan layer sentuh. Walaupun begitu, desktop masih tetap ada, mirip dengan Windows 7. Windows 8 lebih cepat disbanding versi-versi sebelumnya. Perombakan radikal ini tidak disambut baik oleh semua orang. Banyak pengguna yang lebih menyukai Start menu tradisional seperti pada versi-versi Windows sebelumnya.

13. Windows 8.1


Windows 8.1 dirilis pada tahun 2013 dan memperkenalkan kembali Start button yang mirip dengan yang ada pada versi-versi sebelumnya dan lebih cocok bagi pengguna komputer dengan mouse dan keyboard.

14. Windows 10
 


Windows 10 merupakan versi Windows terbaru yang membawa keseimbangan bagi baik pengguna komputer desktop maupun pengguna tablet. Windows 10 dirancang untuk menyatukan pengguna Windows dari semua platform, baik komputer, tablet, maupun smartphone.

(Sumber: https://www.theguardian.com/technology/2014/oct/02/from-windows-1-to-windows-10-29-years-of-windows-evolution) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar