Jumat, 02 Desember 2016

Mengenal Jenis-Jenis Keyboard



MENGENAL JENIS-JENIS KEYBOARD



I. Pengertian Keyboard
Keyboard adalah perangkat input yang memasukkan data berupa huruf, angka, dan simbol. Keyboard merupakan hardware yang sangat penting untuk mengoperasikan komputer. Tanpa keyboard, kita tidak akan bisa mengoperasikan komputer secara penuh.

II. Jenis-Jenis Keyboard

1. Keyboard Membran




Teknologi Membrane Keyboard menggunakan tiga lapisan. Lapisan atas terdiri dari label di bagian atas atau flat key (flat panel) atau bisa juga disebut keytops (full travel). Bagian tengah layer disebut sebagai spacer, letaknya diantara bagian atas layer dan bawah layer. Dibagian bawah layer terdapat serangkaian garis yang dicetak tegak lurus ke atas layer. Ketika bagian atas layer ditekan, ia akan menekan spacer dan membuat kontak dengan bawah layer, yang mana akan menutup dan mengaktifkan sirkuit. Perbedaan antara flat panel dan full travel ada dibagian penggunaannya. Flat panel Membrane Keyboard biasanya digunakan untuk elektronik yang tidak memiliki media besar seperti timbangan elektronik, oven, microwave, mesin fotokopi dan sebagainya.

2. Keyboard Dome Switch



Dome Switch merupakan gabungan dari keyboard mekanik dan membran. Keyboard ini dirancang untuk memberikan respon yang lebih bak dibandingkan keyboard membran.

3. Keyboard Scissor Switch



Keyboard ini memiliki key berbentuk X. Keyboard ini dirancang sebagai pengganti dome switch untuk megurangi ketinggian key.

4. Keyboard Mekanik



Keyboard mekanik merupakan tipe yang paling popular yang menguasai pasar. Perbedaannya dengan keyboard membrane adalah keyboard mekanik menggunakan pegas dan bukan karet. Setelah menekan tombol, spring akan membuat plunger menekan switch, kemudian relay akan memberikan signal ke komputer

(Sumber: http://ramdan46.blogspot.co.id/2015/05/perkembangan-teknologi-keyboard-dari.html)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar