Jumat, 02 Desember 2016

Mouse Dari Masa ke Masa



MOUSE DARI MASA KE MASA

I. Definisi


Tetikus (bahasa Inggris: mouse) adalah peranti penunjuk yang digunakan untuk memasukkan data dan perintah ke dalam komputer selain papan ketik. Tetikus memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus.

II. Awal Penciptaan


Tetikus pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan tetikus yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, tetikus ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).

III. Evolusi Mouse


Perkembangan selanjutnya dilakukan oleh Bill English di Xerox PARC pada awal tahun 1970, yang menggunakan bola berputar kesegala arah, putaran tersebut dideteksi oleh roda-roda sensor didalam mouse tersebut. Pengembangan inilah yang melahirkan mouse tipe trackball, yaitu mouse terbalik dimana pengguna menggerakkan bola dengan jari. 


Microsoft, Apple, dan Logitech pun ikut mengembangkan mouse mereka sendiri. Logitech juga berhasil menciptakan mouse nirkabel pertama.


Pada tahun 1995, terjadi terobosan berupa scroll wheel pada mouse, yang memudahkan proses scroll ketika menggunakan komputer.


Saat ini, mayoritas mouse menggunakan LED dan laser untuk mengarahkan cursor. Mouse nirkabel pun sudah menjadi hal yang umum.

(Sumber: 1.http://ilmuhardwaresoftware.blogspot.co.id/2012/03/perkembangan-teknologi-mouse.html
2. https://id.wikipedia.org/wiki/Tetikus
3. http://cumplunks.blogspot.co.id/2011/11/sejarah-dan-bentuk-mouse-dari-masa-ke.html)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar